Blogilicious Kito Palembang

6 Jun 2011

Blogilicious Kito Palembang, Satu Kenangan Berjuta Makna

blogilicious kito palembang

Blogilicious Kito Palembang Suasana aula gedung Telkom Palembang di lantai 4 kemarin terlihat berbeda. Sudah sejak pagi para peserta dan panitia lokal mulai memadati aula gedung Telkom yang terletak di jalan Jenderal Sudirman no. 459 Palembang tersebut. Yups, warga Palembang patut berbangga, sebab menjadi salah satu kota yang mendapat kunjungan idBlogNetwork dalam rangkaian Roadblog 2011, Blogilicious Kito Palembang. Mengusung tagline blogging has never tasted this good menjadikan seminar dan semi workshop blogging ini terasa jauh berbeda dari acara sejenis yang pernah ada. Its so delicious !! Yummy !!


Dengan menggandeng komunitas blogger WongKito Palembang, acara yang digelar selama dua hari ini (4-5 Juni 2011) terbilang cukup fantastis. Bayangkan saja, dengan fasilitas premium dan bertabur hadiah, panitia tidak memungut tiket registrasi sepeser kepada para peserta alias gratis. Tidak tanggung-tanggung, para pembicara yang didatangkan terbilang cukup berkualitas, oke punya dan telah memiliki nama dibidangnya. Baik pembicara dari pusat maupun dari lokal Palembang sendiri. Masing-masing memiliki keunikan tersendiri, baik dari gaya mereka berbicara, isi materi sampai style yang mereka gunakan saat presentasi. Tidak berlebihan jika menyebut mereka ini sebagai orang-orang yang hebat dan kreatif.

Di hari pertama, sabtu, 4 Juni 2011, acara dimulai dengan materi seputar tips blogging dan kiat-kiat jitu lainnya oleh Ira Hairida a.k.a Itik Kecil. Dalam pemaparannya, Humas Wongkito ini menjelaskan apa itu blog, mengapa harus ngeblog dan lain sebagainya. Acara dilanjutkan oleh Donny BU dengan materi Etika Ngeblog. Dalam kesempatan ini Mas Donny menjelaskan mengenai etika-etika apa saja yang harus digunakan oleh seorang blogger saat berselancar di dunia maya layaknya para profesional lainnya. Mulai dari etika membuat tulisan, hingga mekanisme sesaat sebelum posting. Secara panjang lebar semuanya dibahas disini.

Sebelum break makan siang, materi dilanjutkan oleh pihak Telkom Flexi yang disampaikan oleh Pak Setyo Budianto dengan tema Mobile Blogging. Para peserta Blogilicios Kito Palembang pun terlihat sangat antusias dalam mengikuti semua materi. Terbukti hampir di semua session tanya jawab, para pembicara dibanjiri pertanyaan-pertanyaan kritis oleh para peserta yang berjumlah lebih kurang 150 orang ini. Ditambah lagi dengan adanya berbagai doorprize dan merchandise menarik lainnya dari pihak sponsor, interaksi di acara Blogilicious Kito Palembang ini pun berjalan cukup meriah dan hidup.

Setelah makan siang, acarapun dilanjutkan kembali dengan menghadirkan Bapak Iman Brotoseno dengan materi yang tak kalah menariknya seputar social media dan tantangannya dimasa depan. Walaupun hujan cukup deras mengguyur Palembang di siang itu, namun acara tetap berlangsung dengan meriah. Acara di hari pertama ini ditutup dengan materi Blogpreneur yang dibawakan oleh Andika Wijaya Kurniawan, sebelum semuanya melakukan foto bersama.

Di hari kedua, Minggu, 5 Juni 2011, acara Blogilicious Kito Palembang diawali dengan pemaparan mengenai Search Engine Optimization (SEO) oleh salah seorang pakar SEO Indonesia, Ibu Raden Ajeng N Purwaningsih. Perempuan yang biasa dipanggil Ajengkol ini lebih senang menyebut dirinya sebagai blogger ketimbang profesi aslinya yang seorang dosen di FK UI. Pekerjaan saya adalah seorang blogger, yang bekerja sampingan sebagai dosen di FK UI, ujarnya.

Foto bersama : Ajengkol, Nike RAsyid, Itik Kecil, dan Fandagri

Foto bersama : dari kiri ke kanan Mbak Ajeng aka Ajengkol, Mbak Ira Hairida aka Itik Kecil, Mbak Nike dan Penulis

Gila, keren banget khan !! Sebuah ungkapan yang sangat berani dan menantang menurut saya. Bahkan layak untuk kita coba sebagai seorang blogger. Contohnya begini, pekerjaan saya adalah blogger yang saat ini kebetulan lagi menimba ilmu di bangku kuliah ! atau saya adalah blogger yang saat ini tidak sengaja menjabat sebagai kepala daerah, menteri atau bahkan presiden sekalipun. HeHe

Nah, dalam kesempatan ini, Ibu Ajeng ini secara lugas dan jelas menjelaskan tentang trik-trik tembus di page rank pertamanya mbah Google. Mulai dari trik tembak keyword, internal link, eksternal link, hingga penggunaan plugin-plugin optimasi search engine yang saat ini jumlahnya sudah lumayan banyak. Tidak mau kalah antusias dengan pembicara, para peserta pun berebut untuk bertanya dan berdiskusi kepada pakar SEO yang satu ini. Toh, kapan lagi bisa bertatap muka dan berbicara langsung dengan beliau kalau bukan di acara Blogilicious Kito Palembang ini. Sangat rugi bagi peserta yang tidak sempat hadir di hari kedua ini.

Setelah puas berdiskusi dalam forum tanya jawab bersama Ibu Ajeng, materi selanjutnya mengenai fenomena jual beli online di tanah air saat ini. Dibawakan langsung oleh mas Steven dari situs berniaga.com. Tak ketinggalan, situs dengan tagline Beli & Jual Barang Anda di berniaga Sekarang. Cepat, Mudah & Gratis! ini pun memasang bootnya di depan pintu masuk registrasi peserta. Suasana pun menjadi tambah ramai. Sebab dengan mendaftar di boot ini para peserta akan mendapatkan merchandise keren loh dari berniaga.com !

Jual beli online, di berniaga.com aja !!

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai blog monetizing yang dibawakan oleh Mbak Mubarika Darmayanti. Dengan gaya bicaranya yang lembut dan halus, perempuan yang sudah malang melintang di dunia social media dan advertiser ini menuturkan jika sangat salah seorang blogger memulai aktivitas ngeblognya tersebut hanya untuk sekedar mencari uang. Tetapi melalui hobi ngeblog, seseorang bisa mendapatkan uang.

Foto bersama Mbak Mubarika Darmayanti

Bagaimana caranya ? Sangat banyak, salah satunya yaitu bekerjasama dengan pihak advertiser. Oleh karena itu, idBlogNetwork hadir dalm rangka memberikan kemudahan bagi para blogger untuk meraup uang dan menjadikan blog nya sebagai sarana pencetak uang. Baik itu melalui corporate campaign, reviewer atau PPC (Pay Per Click). Great !!! Oh ya, ada satu hal yang membuat saya sampai berdecak kagum, karena ketua panitia pusat dari acara idBlogilicious Kito Palembang dari idBlogNetwork ini adalah mas Kukuh TW yang notabennya adalah founder dari kumpulblogger.

Hm., wajar aja kalo idBlogNetwork menjadi sebesar dan termegah seperti saat ini. Dan dinobatkan sebagai Best Local Startup of The Year 2010. Hebat banget khan !! Coba kalo nggak ikutan Blogilicious Kito Palembang, pasti info-info penting seperti ini hanya dapat kita temui di depan layar komputer saja. Tanpa pernah tahu siapa saja dibalik layar kesuksesan semua bisnis ini. Siapa tahu ketemu dan berpapasan di jalan, asyik juga tuh bisa say hallo dengan para generasi muda bangsa ini. Bahkan acara ini bisa dikatakan sarat akan makna dan kaya akan ilmu. Yups, sebuah bisnis internet marketing bisa menjadi peluang yang sangat menjajikan dimasa-masa yang akan datang bagi siapa saja yang ingin sukses di bisnis ini.

Karena sampai saat ini saya masih percaya, kalo suara seorang blogger berasal dari hati nuraninya yang paling dalam. Kalaupun ia tidak suka, ia akan mengutarakannya dengan bahasa santun dan tentu saja, penuh etika. Sebagaimana penuturan mbak Mubarika, saat team mereka dari idBlogNetwork dan beberapa blogger lainnya berkesempatan mendapatkan pelayanan VIP dari Disneyland Hongkong. Sangat wajar khan !! So, apakah kita juga bisa mendapatkan kesempatan langka seperti itu ? Tentu saja bisa, asalkan kita segera action dan rajin meng-update blog kita. Setidak-tidaknya kita berani mencoba membuat tulisan berdasarkan buah pemikiran kita sendiri. Rezeki orang siapa yang tahu ? Mungkin saja tulisan yang sedang anda baca ini bisa diganjar sebagai pemenang dalam kontes mini SEO Blogilicious Kito Palembang kali ini. Aamiin ya Allah !!!

Pembahasan materi selanjutnya mengenai Themes Design oleh Andi Saleh dan Blogging Security oleh Terren. Sebelum akhirnya acara ditutup oleh pembawa acara dan pemilihan 4 orang peserta yang beruntung untuk mendapatkan job review masing-masing 1 juta per orang.

Nah, walaupun saya belum berkesempatan untuk mendapatkan hadiah tersebut, semoga saja tulisan ini membawa berkah tersendiri di hari ulang tahun saya yang akan jatuh tepat tanggal 7 Juni 2011 besok.

Finally, dua hari ini adalah moment yang sangat berkesan. Begitu banyak pengalaman unik dan menarik lainnya yang bisa kita dapatkan. Terutama bagi blogger di Palembang dan sekitarnya semua. Kita adalah keluarga besar blogger Indonesia. Saatnya kita bangkit dan sukses bersama idBlogNetwork. Semoga acara ini mampu hadir kembali di tahun mendatang dengan tampilan yang lebih fresh dan kejutan-kejutan lainnya. Serta mampu memberikan hikmah tersendiri bagi warga Palembang dalam menumbuhkan kecintaannya terhadap dunia perbloggeran dan mempererat tali persahabatan antar blogger. Go blogging !! Jayalah selalu blogger Indonesia.


TAGS Palembang Blogilicious Kito Palembang Blogilicious Kito


-

Author

Search

Recent Post