Menikmati Keindahan Tenun Songket Palembang di Jakarta Fair 2011

10 Jul 2011

Hari ini, Minggu, 10 Juli 2011 perhelatan Pekan Raya Jakarta memasuki hari terakhir. Sejak dibuka oleh Presiden Republik Indonesia, Bpk. Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 9 Juni 2011 lalu, ajang yang digelar dalam rangka memperingati HUT Jakarta ke 484 ini telah berhasil menyedot ratusan ribu pengunjung setiap harinya. Tak ayal berbagai macam cerita unik dan menarik pun mewarnai jalannya Pekan Raya Jakarta tahun 2011 ini. Begitu juga dengan teman-teman blogger selaku penggiat dunia maya. Melalui ajang Jakarta Fair Blog Writing Contest kali ini pun secara blak-blakan mereka menuturkan pengalamannya. Tentu saja jalan ceritanya sangat beragam. Ada yang suka namun ada juga yang duka.

Stand Binaan PT Pupuk Sriwijaya (PUSRI)

Stand Binaan PT Pupuk Sriwijaya (PUSRI)

Nah, begitu juga dengan saya. Emang siapa sih yang tidak tertarik dengan hadiah-hadiah yang ditawarkan dalam kontes ini. Semua pasti menginginkannya. He…He… Well, secara keseluruhan emang rada-rada bingung mau menceritakan apa. Secara, ajang pameran terbesar, terlama dan terlengkap di Asia Tenggara ini diikuti oleh lebih dari 2600 perusahaan dengan 1300 stand, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan anjungan hampir seluruh pemerintah provinsi di Indonesia membawa serta ratusan sektor usaha binaan mereka.

Stand Songket Cek Romlah Palembang

Stand Songket Cek Romlah Palembang

Semuanya serba “wah” dan terlihat elegan serta ekslusif tanpa terkecuali. Makanya, rugi banget kalo datang kesini cuma sekali selama ajang berlangsung. Keliling seharian ke semua stand, bikin kaki rasanya mau putus. Hadeeeh….

Well, selama berkunjung ke Pekan Raya Jakarta 2011 ini, ada satu stand yang wajib saya kunjungi dan tak boleh terlewatkan. Pokoknya merasa berdosa banget kalo sampe nggak mampir walau sejenak. Yups, stand Program Kemitraan dan Bina Lingkungan dari PT. Pupuk Sriwijaya (PUSRI) di Hall C1. Mengapa ?? Karena disana ada stand Songket Cek Romlah Palembang.

Cek Romlah

Cek Romlah

Cek Romlah adalah owner dari usaha kerajinan tenun kain songket khas Palembang. Beliau langganan keluarga kita loh kalo mau pesen kain songket. Makanya, bangga dong liat sesama wong Palembang sendiri bisa berkarya hingga ke pentas nasional. Pasti dong.

Beragam jenis kain songket dan aneka pakaian batik khas Palembang dapat dengan mudah kita temui disini. Pokoknya lengkap deh. Selain itu harga yang ditawarkan juga terbilang cukup menggiurkan. Kapan lagi bisa mendapatkan oleh-oleh kain khas Palembang ini kalau bukan di Pekan Raya Jakarta 2011. Khan belum tentu semua pengunjung dapat jalan-jalan ke Palembang. Mumpung ada waktu dan kesempatan, kain tenun songketnya bungkus dah.

Aneka kain batik khas Palembang dari Cek Romlah

Aneka kain batik khas Palembang dari Cek Romlah

Oh ya, kalo dipikir-pikir, bangsa kita ini sangat beruntung ya. Soalnya Indonesia karena termasuk salah satu negara yang memiliki ragam dan jenis kain tenun. Termasuk kain tenun songket dari Palembang ini. Makanya gak heran jika kain cantik dan indah ini dijuluki sebagai Ratunya Kain alias The Queen of Woven Textile.

Sebagai kain formal yang mewah dan ekslusif, tentu peran serta seorang pengrajin kain sangat dibutuhkan. Agar terciptanya kain-kain dengan kualitas nomer wahid dan motif yang beranekaragam. Apalagi dengan penggunaan benang emas dan peraknya, tentu saja akan menambah kemilau kain ini di bawah sorotan lampu dan mentari. Pokoknya keren deh.

Menurut Cek Romlah, semakin rumit motif kain songket, maka harganya pun akan semakin mahal. Begitu juga dengan penggunaan benangnya. Mau benang nomer 1 atau pun nomer 2, semua ada harganya. Tergantung dari budget dan minat pembeli. Hayoo, Pekan Raya Jakarta hari ini terakhir loh. Buruan dateng dan nikmati keindahan dan kemewahannya.

Peta Jakarta Fair Kemayoran 2011 di salah satu surat kabar di Palembang

Peta Jakarta Fair Kemayoran 2011 di salah satu surat kabar di Palembang

Okeh, saya rasa semua tulisan dari rekan-rekan blogger di ajang Jakarta Fair Blog Writing Contest yang udah masuk ke redaksi panitia pastinya bagus-bagus dan menginspirasi. Tapi ada satu yang saya petik dari perhelatan tiap tahunnya ini, yaitu cintai produk dalam negeri. Kalo bukan kita, siapa lagi yang akan melestarikannya. Dan sebagai salah satu UMKM yang ada di Palembang, usaha Tenun Kain Songket Cek Romlah ini merasa sangat terbantu dengan adanya event Pekan Raya Jakarta ini. Yups, ajang yang tepat untuk promosi pariwisata dan kebudayaan nusantara.

Dan saya selaku warga Palembang dan pengunjung, merasa sangat salut dengan event tahunan ini. Di hari jadinya yang ke 484, Jakarta mampu menghadirkan tempat hiburan kreatif dan mendidik bagi seluruh masyarakat di Indonesia. Selain bermanfaat bagi kalangan corporate dan pebisnis, ajang ini juga bermanfaat bagi pelajar dan mahasiswa. Pokoknya bagi semuanya deh. Top markotop. He…He… Apalagi dilihat dari publikasinya yang jor-joran. Mulai dari televisi nasional hingga koran media cetak di daerah-daerah. Saya aja dapet peta Jakarta Fair dari salah satu surat kabar yang ada di Palembang. Gila, keren banget khan promosinya.

Tidak berlebihan jika kita berpendapat bahwa Jakarta Fair ini adalah sebuah sarana hiburan yang paling mengerti apa yang dibutuhkan konsumen. Kepuasan dan kegembiraan maksimal bagi seluruh pengunjung. Semuanya ada disini !! Ayo kita ke Jakarta Fair !!


TAGS Jakarta Fair 2011


-

Author

Search

Recent Post