Free Wifi Area, Wujud Quantum Leap di Bumi Sriwijaya

1 Jun 2012

Cinta Sumatera Selatan, Provinsi Digital

Dua puluh tiga (23) tahun sudah saya tinggal di daerah Sumatera Selatan ini. Sebuah provinsi di Indonesia yang kaya akan suku bangsa dan budayanya. Provinsi yang dinobatkan sebagai provinsi terkaya ke lima di era otonomi daerah.

Beragam kisah telah berhasil diukir dan terpatri indah di hati. Ya, 23 tahun lalu saya di dilahirkan di daerah Lahat dan sempat mengenyam pendidikan hingga kelas 3 SD. Jeme kaba, begitu orang-orang menyebutnya. Sebuah daerah asri dengan sungai Lematangyang mengalir indah. Disanalah pertama kali saya melihat sang matahari.

Mengikuti orang tua yang saat itu mendapat penugasan di Dinas Perhubungan Kabupaten Musi Rawas, akhirnya kita sekeluarga ikut hijrah ke Kota Lubuklinggau. Perjalanan akhirnya menuntun saya untuk tinggal di daerah Sebiduk Semare ini dengan sungai Kelingi yang mengalir deras mengikuti setiap desah nafas geliat ekonomi warganya.

Hingga akhirnya, nasib membawa saya menjejakkan kaki di Kota Palembang guna meneruskan pendidikan di bangku SMA dan perguruan tinggi. Babak baru pun akhirnya dimulai. Di kota yang menjadi pusat pemerintahan Sumatera Selatan ini saya mengenal dunia. Berinteraksi dengan orang-orang penting hingga membangun network dan mengakses berbagai informasi.

Saya masih ingat ketika di jaman SMP dulu, tepatnya di tahun 2003. Efek dari workshop internet satu hari yang diselenggarakan oleh Telkom dulu, telah membuat saya jatuh cinta dengan internet dan dunia digital. Namun sayang, biaya yang dikeluarkan sangat mahal. Saat itu biaya akses internet di warnet sebesar Rp. 12.000,- per jamnya. Belum lagi jumlah warnet yang sangaaat terbatas dan akses yang sangat lambat. Sungguh, sebuah nominal yang tidak sedikit (khususnya untuk anak SMP seperti saya).

Namun semuanya telah berlalu. Zaman telah berubah dan dunia pun terus berputar. Informasi dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat dengan perkembangan dunia IT yang terus menggeliat. Para provider seakan berlomba-lomba menawarkan paket internet yang murah dan berkualitas. Belum lagi geliat tempat-tempat hiburan, hotel dan foodcourt yang menawarkan akses WiFi (wireless fidelity) gratis demi kanyamanan konsumennya.

Saya masih ingat kisah di tahun 2007 silam, demi menikmati layanan internet gratis ini, saya rela nongkrong dipinggiran Hotel Horison (sekarang The Arista) yang memang saat itu akses internetnya dapat diakses dari luar gedung. Lumayan, dapat menikmati layanan internet gratis. Hanya perlu bawa laptop dan cadangan baterai kita dapat menikmati layanan internet gratis tanpa perlu memasukkan user maupun password. Itu sih dulu, saat ini sudah diproteksi dengan menggunakan Mikrotik Router OS. Heheh…

Sebagai warga Sumatera Selatan kita sangat bersyukur, karena saat ini kemudahan akses masyarakat akan teknologi informasi ini sudah ditunjang dengan menjamurnya beberapa tempat yang menyediakan WiFi secara gratis. Nah, seiring dengan dilaunchingnyaSumatera Selatan Cyber City atau Provinsi Digital ini, beberapa hari lalu saya sempat ngetwiit melalui akun twitter @AboutPalembang.

Reaksi followers soal Sumsel Provinsi Digital

Reaksi followers soal Sumsel Provinsi Digital

Reaksi followers soal Sumsel Provinsi Digital

Reaksi followers soal Sumsel Provinsi Digital

Sumatera Selatan Free WiFi Area

Sumatera Selatan Free WiFi Area

Oke, pada intinya semuanya warga di Sumatera Selatan menyambut baik dengan hadirnya program ini. Sudah selayaknya Sumatera Selatan menjadi provinsi terdepan dalam hal update teknologi informasi. Seiring dengan banyaknya berbagai kejuaraan baik tingkat nasional maupun internasional yang digelar di sini.

Tinggal bagaimana niat baik ini disebarluaskan dan diedukasikan kepada masyarakat, hingga dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Jangan sampai apa yang pernah terjadi di Provinsi Bangka Belitung terjadi di provinsi tercinta. Yaitucita-cita mulia ini terkendala karena minimnya SDM dan infrastruktur yang ada.

Oleh karena itu, Pemerintah harus siap dengan Website Provinsi Sumatera Selatan agar dapat terlihat lebih interaktif dan update informasi dari sebelumnya. Sertadiikuti oleh seluruh website kabupaten dan kota yang ada . Tak terkecuali website Dishubkominfo Sumsel yang menjadi wadah dari program Sumatera Selatan Provinsi Digital ini.

Kita patut bergangga, karena hadirnya para Relawan TIK Sumsel yang siap berjibaku dan mensukseskan program mulia ini.

Saya bangga menjadi warga Sumatera Selatan. Mari kita sukseskan Sumatera Selatan Provinsi Digital dan launching Sumatera Selatan free WiFi area ini. Salam digital!!


TAGS


-

Author

Search

Recent Post